Ushul Fiqh: Pembagian Hukum Wajib (Syarah al Waraqat Seri 08) – Ustadz Abu Khaleed Resa Gunarsa, Lc.

Kewajiban adalah beban syariat yang diberikan kepada seorang muslim. Dan dalam hal ini terdapat hukum taklifi. Kali ini pembahasannya masuk kepada Hukum wajib. Tentunya akan dibahas apa itu pengertian wajib, 10 contoh hukum wajib dalam beberpa menit ke depan. Stay tuned terus …

Contoh hukum wajib seperti shalat dan puasa, biasa kita kerjakan setiap harinya. Dan mengenal definisi wajib yang terkandung dalam pengertian hukum wajib mengantarkan kepada kita pemahaman yang baik seputar ushul fiqih yang tengah kita kaji.

Selain itu pada sesi mendatang, akan dibahas seputar makruh. Makruh adalah hal yang dibenci dan padanya ada pembagian. Kita mengenal wajib itu ada dua; wajib ain i dan fardhu kifa i (fardhu kifayah). Hukum Islam ada 5 (wajib, sunnah, mubah, haram, dan makruh) dan hal ini telah dimaklumi. Adapun macam macam hukum taklifi berikut contoh hukum taklifi telah dibahas pada sesi sebelumnya.

Mengapa menuntut ilmu itu wajib? Karena dengannya terbuka ilmu pengetahuan dan semakin mendekatkan kepada pintu-pintu kebaikan. Dan dengan izin Allah, ia dimudahkan untuk menjauhkan dirinya dari segenap larangan. Simakpula pengertian haram, pengertian makruh, pengertian hukum mubah, atau haram menurut islam pada sesi-sesi mendatang. Insya Allah makin menarik pembahasannya.

Sedangkan pengertian ushul fiqih dan kaidah ushul fikih serta objek kajian ushul fiqih yang disarikan dari matan fiqh Al Waraqat dapat Anda murajaah kembali pada link berikut: https://www.youtube.com/playlist?list…

Selamat menyimak, barakallahu fikum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *