Ushul Fiqh: Hukum Mubah (Syarah al Waraqat Seri 10) – Ustadz Abu Khaleed Resa Gunarsa, Lc.

Hukum mubah tentu berbeda dengan hukum-hukum sebelumnya (hukum wajib dan hukum sunnah). Mubah adalah sesuatu yang diperbolehkan oleh syariat. Contoh mubah yang paling gampang ialah tidur. Hukum mubah adalah (…Anda bisa menyimaknya dalam video ini!)

Pengertian hukum mubah dalam serangkaian hukum taklifi yang berjumlah lima akan dibahas oleh pemateri secara runtut dengan membawakan rujukan dari Syarah Al-Waraqat karya Syaikh Shalih Al-Fauzan. Hukum mubah dan makruh akan sedikit dibahas di sini!

Macam macam hukum taklifi salah satunya mubah ini. Contoh hukum taklifi yang paling mudah ialah mubah. Adapun pengertian wajib dapat Anda simak pada episode 8 dan pengertian makruh pada episode 11.

Dalam membawakan pembagian hukum syara pemateri mendasarkan kepada dalil yang mu’tabar. Jadi, tak perlu ragu tentang arti mubah atau apa itu mubah atau mubah artinya apa ya? Dan contoh mubah dan dalilnya dalam beberapa menit ke depan.

Arti mubah dan makruh sangat berbeda, tapi tipis, sebab mubah bisa mengantarkan kepada makruh jika berlebihan. Dan makruh tidak bisa menjadi mubah. Contoh mubah dalam kehidupan sehari hari adalah makan. Mubah dan makruh ialah dua hal yang berbeda.

Mubah berisi perintah untuk melakukan tanpa adanya paksaan. Sedangkan wajib adanya perintah untuk mengerjakan yang datangnya dari syariat. Mari kita murajaah kembali 5 hukum Islam yang telah And pelajari. Mubah salah satunya, atau biasa disebut jaiz. Jaiz artinya boleh dan sedikit berbeda pendefinisiannya. Semoga apa yang kami sajikan bermanfaat dan menjadikan taklif ini bukan sebagai beban, melainkan sesuatu yang dituntunkan oleh syariat dalam rangka meraih kemaslahatan agama dan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *