Ushul Fiqh: Hukum Makruh (Syarah al Waraqat Seri 12) – Ustadz Abu Khaleed Resa Gunarsa, Lc.

Makruh adalah hal yang dibenci syariat, sedangkan makruh sendiri terbagi dua: makruh tanzih dan makruh tahrim. Apa itu makruh? Inilah yang tengah kita bahas dalam rangkaian serial Syarah Al-Waraqat. Pada episode-episode sebelumnya, telah kita bahas macam macam hukum taklifi dan sedikit pengertian makruh. Bagaimana hukum makruh yang dimaksudkan syariat? Dan adakah contoh yang lebih real terkait contoh hukum makruh?

Hukum makruh artinya aktivitas yang dilarang namun tidak menanggalkan konsekuensi. Makruh dan haram itu berbeda. Haram adalah sesuatu yang dikerjakan mendapat dosa pelakunya dan diancam pelakunya dengan Neraka. Perkara makruh biasanya diremehkan oleh sebagian orang, mengingat esensinya yang tidak banyak diketahui orang, kecuali bila ia belajar. Macam macam haram dapat Anda simak pada topik Haram dalam Islam: https://www.youtube.com/watch?v=KyUIH…

Sedangkan video ini lebih menitikberatkan pada bahasan pengertian makruh dan contohnya, pengertian karahah yang benar dan hal-hal yang pernah diurai sebelumnya; dalil haram yang diharamkan dalam islam, mengenal dalil hukum taklifi; membaca kembali pengertian tahrim (tahrim adalah); mengetahui contoh makruh dalam kehidupan sehari hari bersama Ustadz Resa Gunarsa hafizahullah.

Belajar ushul Fikih dengan bahasan ayat tentang larangan sekaligus perselisihan pendapat para ulama dalam mendefinisikan makruh dan memberikan contoh terkait seperti shalat di masjid yang ada kuburannya dan hukum nikah mutah yang laris di kalangan Syiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *