Ushul Fiqh: Definisi Ushul Fiqh (Syarah al Waraqat Seri 03) – Ustadz Abu Khaleed Resa Gunarsa

Ushul Fiqh adalah salah satu ilmu yang penting untuk dipelajari oleh penimba ilmu, demikian pula ilmu Fiqih lainnya. Insyaallah kajian kitab Ushul Fiqih ini akan kita bahas melalui salah satu kitab atau matan yang sangat terkenal yaitu Matan al Waraqat.

Matan ini telah dipelajari oleh banyak para penuntut ilmu dari sejak dulu dan telah banyak disyarah atau dijelaskan oleh para ulama. Hal tersebut menunjukkan bahwa Matan al Waraqat ini termasuk di antara kitab yang sangat penting sekali untuk dipelajari bagi seorang penuntut ilmu ketika dia ingin mempelajari ilmu Ushul Fiqih.

Saudaraku yang dirahmati Allah, kitab al Waraqat ini ditulis oleh seorang ulama kenamaan yang masyhur dengan sebutan Imam al-Haramain. Kitab Ushul Fiqih ini sangat ringkas menyinggung pelbagai persoalan Ushul Fiqh.

Maka dengan pertolongan Allah ta’ala, kita akan mengkaji ilmu Ushul Fiqih ini dari kitab Matan al Waraqat dan syarah yang akan kita gunakan untuk mengkaji matan ini insyaallah adalah Syarah al Waraqat yang ditulis oleh Syaikh Dr. Abdullah bin Shalih al-Fauzan -hafizhahullah-.

Selain pembahasan tentang pengertian Ushul Fiqih dalam Syarah al Waraqat, kita juga akan belajar Ushul Fiqh mengenai ilmu Ushul Fiqh lainnya seperti kaidah Ushul Fiqh, objek kajian Ushul Fiqh, contoh Ushul Fiqh, dan ruang lingkup Ushul Fiqh lainnya.

Maka setelah kita belajar Fiqh melalui Syarah al Waraqat ini, insyaallah kita akan mengetahui kaidah kaidah Ushul Fiqih, objek kajian Ushul Fiqh, contoh Ushul Fiqh, dan ruang lingkup Ushul Fiqh lainnya.

Oleh karena itu, Syarah al Waraqat ini bisa dijadikan rujukan bagi Anda yang mencari syarah dari kitab Ushul Fiqh atau buku Ushul Fiqh Matan al Waraqat. Belajar Ushul Fiqh itu penting lho..

Begitu pula belajar Fiqih atau ilmu Fiqih lainnya. Insyaallah banyak faidah dari pelajaran Ushul Fiqih yang akan kita dapatkan dalam syarah kitab Ushul Fiqih Matan al Waraqat (Syarah al Waraqat) ini.

Ushul Fiqh itu tersusun dari 2 bagian atau 2 kata. Maka ketika mendefinisikannya harus dengan 2 cara. Apa saja 2 cara untuk mendefinisikan Ushul Fiqih tersebut?

Sedang mencari buku Ushul Fiqh PDF tentang perbedaan Fiqih dan Ushul Fiqh atau sejarah perkembangan Ushul Fiqh? Bagaimana dengan sejarah Ushul Fiqh? Sobat Yufid sudah pada tahu definisi Ushul Fiqih?

Yuk, simak selengkapnya dalam video berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *