Tertipu Dunia: Istidraj Dikira Kemuliaan (Masail Jahiliyah, Eps. 22) – Ustadz Afifi Abdul Wadud

Kenapa orang kafir banyak yang kaya ? Kenapa orang kafir hidupnya bahagia ? Kenapa orang jahat hidupnya senang ? Pernahkah terbersit pertanyaan pertanyaan tersebut dibenak kita ?

Dunia adalah kesenangan yang menipu. Kesenangan yang melalaikan waktu dan ketaatan. Melalaikan waktu perpisahan dengan dunia menuju perjalanan alam akhirat yang panjang. Perbedaan waktu dunia dan akhirat adalah satu hari di akhirat sama dengan seribu hari di dunia. Kesenangan dunia hanya sementara.

Kesenangan dunia melalaikan diri dari ketaatan. Bukanlah kekayaan dunia merupakan kemulian akan tetapi taqwalah tanda kemuliaan yang Allah berikan kepada seorang hamba. Kekayaan dan kesenangan dunia yang Allah berikan kepada orang orang kafir dan durhaka bukanlah tanda tanda kemulian, melainkan istidraj. Apa itu istidraj ? Pengertian istidraj adalah “Ketika mereka melupakan peringatan Allah yang diberikan pada mereka, maka dibukakanlah berbagi pintu dunia dan kelezatannya, mereka pun lalai. Sampai mereka bergembira dengan apa yang diberikan pada mereka, akhirnya Allah menyiksa mereka dengan tiba-tiba. Mereka pun berputus asa dari berbagai kebaikan. Seperti itu lebih berat siksanya. Mereka terbuai, lalai, dan tenang dengan keadaan dunia mereka. Namun itu sebenarnya lebih berat hukumannya dan jadi musibah yang besar.” (Tafsir As Sa’di, hal. 260). Sebagaimana dalam surat saba ayat 35 bahwa orang orang yang tertipu dengan dunia akan berlaku sombong, menolak kebenaran, dan merasa aman dari adzab Allah ‘azza wa jalla.

Dalam beberapa hadits tentang hinanya dunia, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menggambarkan dunia lebih jelek daripada bangkai kambing, dunia ibarat air laut yang dicelup dengan jari ( maka air yang menempel di jari, itulah dunia ), dan dunia lebih jelek dari sayap nyamuk.

Simak juga video-video bermanfaat lainnya dari channel yufid edu dan jangan lupa SUBSCRIBE agar memperoleh update video Kajian Masail Jahiliyyah yang membahas Kitab Masail Jahiliyah. SHARE kepada keluarga, kerabat, saudara, dan kawan Anda agar makin banyak yang tahu tentang Islam.

Jazaakumullahu khairan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *