Syirik Terhadap Rububiyah Allah ( Masail Jahiliyah. Eps. 39 ) – Ustadz Afifi Abdul Wadud

Dalam surah zukhruf ayat 87 dan surah yunus 31 Allah menggambarkan bahwa orang orang musyrikin dahulu mengenal Allah Maha Pencipta, Allah Maha Mengatur segala urusan, dan meyakini kekuasaan Allah. Akan tetapi mereka bermaksiat kepada Allah dengan perbuatan syirik dan kemungkaran. Berbeda dengan orang orang majusi yang menolak Rububiyah Allah dengan meyakini adanya Tuhan Gelap dan Tuhan Terang.

Ahlussunnah meyakini sifat rububiyah Allah ( Allah Maha Esa dalam penciptaan, pemilikan, dan pengaturan alam semesta ). Tauhid rububiyah adalah mentauhidkan Allah dalam kejadian-kejadian yang hanya bisa dilakukan oleh Allah, serta menyatakan dengan tegas bahwa Allah Ta’ala adalah Rabb, Raja, dan Pencipta semua makhluk, dan Allahlah yang mengatur dan mengubah keadaan mereka. Dan Islam mengajarkan untuk tidak memakan harta sesama dengan cara yang bathil ( lihat tafsir surah an nisa ayat 29 ).

Semoga Allah menganugerahkan kepada kita ilmu yang bermanfaat, keistiqomahan dalam beramal sholeh. aamiin..

Simak juga video-video bermanfaat lainnya dari channel yufid edu dan jangan lupa SUBSCRIBE agar memperoleh update video Kajian Masail Jahiliyyah yang membahas Kitab Masail Jahiliyah. SHARE kepada keluarga, kerabat, saudara, dan kawan Anda agar makin banyak yang tahu tentang Islam. Jazaakumullahu khairan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *