Serial Kitab Tauhid Eps 70: Bab 67 – Betapa Agungnya Allah – Ustadz Afifi Abdul Wadud

*TAMAT* (Edisi Terakhir dari Kitab Tauhid)

Keagungan Allah subhanahu wa Ta’ala dapat Anda simak dalam hadits-hadits di akhir Kitabut Tauhid ini. Dan Anda akan semakin mengagungkan Allah dengan semestinya. Tanda tanda kebesaran Allah di alam semesta ada pada hadits yang menggugah nalar sadar Anda.

Ayat tentang keindahan ciptaan Allah yang merupakan contoh kebesaran Allah (tanda tanda kebesaran Alah di dunia) berupa langit yang menjulang tanpa tiang, gunung yang berjejer anggun di atas bumi dan samudera yang luas yang mengitari pulau-pulau. Ternyata, 7 lapis langit dan penghuninya itu ada, lalu bagaimana dengan 7 lapis bumi, adakah penghuninya?

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidaklah tujuh langit dibandingkan kursi (Allah) kecuali seperti cincin yang dilemparkan di tanah lapang dan besarnya ‘Arsy dibandingkan kursi adalah seperti tanah lapang dibandingkan dengan cincin.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah di atas ‘Arsy-Nya dan Arsy-Nya di atas langit-langit dan bumi, seperti begini dan beliau memberikan isyarat dengan jari-jemarinya seperti kubah. Dan hadits-hadits semisal di atas.

Misteri langit ketujuh tidak selesai untuk dikuak. Dan paling tingginya adalah Arsy Allah, letak arsy Allah berada di atas air, dan di atas arsy Allah beristiwa’. Istiwa’ ada tiga maknanya dan kurang tepat bila diterjemahkan bersemayam. Kursy Allah begitu besarnya dan tidak bisa dilukiskan. Dari hadits-hadits yang dibacakan oleh pemateri, mengajak Anda untuk merenung, betapa kecilnya manusia, betapa kecilnya makhluk-makhluk Allah yang lain.

Dari uraian yang telah berlalu, Anda semakin mengenal macam macam tauhid berikut contoh tauhid yang menyuburkan iman. Merenungi dalil tauhid dalam bab terakhir ini, sungguh membuat kita terpana, Subhanallah … Selain kursy, ada sidratul muntaha dan arsy sebagai makhluk Allah yang besar. Betapa agungnya Allah, Allah Maha Besar, oleh karena itu, Dia berfirman, “Akulah Al-Malik”

Pencarian terkait bab ini yakni hadits masuk Surga tanpa hisab dan mengenal jarak antara langit pertama dan langit kedua, dan seterusnya. Juga, tidak ada amalan anak Adam yang tersembunyi di sisi Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *