Serial Kitab Tauhid Eps 67: Bab 64 – Hukum Sumpah Demi Allah dan Adab-Adabnya – Ustadz Afifi Abdul Wadud

Masih ingatkah Anda tentang hadits berkata baik atau diam? Salah satunya hadits tentang menjaga lisan. Apa akibat bersumpah demi Allah tapi berbohong?!? Inilah video yang mengesankan; hukum sumpah demi Allah dan adab-adabnya.

Hukum sumpah, apalagi hukum sumpah demi Allah, terdapat di dalamnya cara mengagungkan Allah sebenar-benarnya dengan cara tidak berdusta dalam sumpahnya. Dan tanda Allah murka kepada hambanya bisa Anda ketahui dalam literatur hadits yang membahas bab ini.

Hukum sumpah pocong tidak dikenal dalam Islam. Adapun hukum melanggar janji ada hukum tersendiri. Perbedaan janji dan sumpah bagaikan matahari di siang bolong. Sedangkan kasus kafarat sumpah palsu telah digariskan oleh syariat berupa puasa 3 bulan berturut-turut, atau jika tidak mampu maka dan seterusnya.

Ingatkah Anda tentang kisah Ahli ibadah yang masuk Neraka gara-gara ucapannya yang berbahaya (memvonis seseorang dengan Surga atau Neraka), “Demi Allah, Allah tidak akan memasukkanmu ke Surga.” Hal tersebut lahir dari jiwa yang sombong (inilah kisah ahli ibadah yang sombong dengan amalnya hingga mendatangkan akhir hidup yang buruk, berupa suul khatimah).

Hendaknya seorang dai memperhatikan dakwahnya; dakwah bil hal dan dakwah bil hikmah sudah barang tentu menjadi perhiasannya, dakwah yang santun kepada umat, bukan dakwah yang dipenuhi oleh sumpah serapah para dainya; “Demi Allah begini dan begitu.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *