Serial Kitab Tauhid Eps. 10: Bab 08 – Ruqyah dan Jampi-Jampi – Ustadz Afifi Abdul Wadud

Ayat ruqyah / bacaan ruqyah sangat berpengaruh bagi orang yang terkena guna-guna (sihir). Dalam alQuran terdapat ayat pengusir jin, ayat pengusir setan, ayat ayat ruqyah, ayat ruqyah syariah. Yang mana dengan izin Allah mampu mengusir sihir-sihir buatan para dukun.

Di antara petaka yang telah menyebar di masyarakat kita ialah konsumsi ajian2 berikut: ajian bulu perindu, ajian mantra, ajian memikat wanita, ajian pemikat wanita, ajian pengasihan, amalan mendatangkan uang milyaran, amalan pengasihan, amalan pengasihan paling ampuh, amalan untuk memikat wanita, …. belum lagi lainnya. Masih tak terhingga. Mereka katakan ini sihir putih! Padahal Rasulullah dan para sahabatnya tidak pernah mengenal saat mereka berhadapan dengan musuh atau muamalah biasa. Lalu bagaimana bisa ini terjadi, tidak lain dan tidak bukan, munculnya para perusak dari dalam. Mereka yang terlihat shalih. Tapi hakekatnya sedang mengajarkan amalan-amalan yang tidak ada dasarnya. Bahkan untuk mengelabui para korban, dibuatlah jimat dari ayat-ayat alQuran yang berupa potongan2 ayat dan lain sebagainya. Wallahul Musta’an!

Di antara jampi-jampi yang dibenarkan, Dari Zainab binti Abdullah bin Mas’ud Radhiallahu ‘anhum, dari Abdullah diriwayatkan bahwa ia berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya jampi-jampi, jimat dan tiwalah adalah syirik.” Zainab bertanya: “Kenapa engkau berkata demikian? Demi allah, dahulu mataku pernah tertimpuk. Aku berbolak-balik datang menemui seorang Yahudi yang menjampi-jampiku. Apabila ia menjampiku, aku merasa senang.” Abdullah menanggapi: “Itu adalah amalan syetan. Syetan yang menusuk-nusuk dengan tangannya. Bila ia menjampi Anda, syetan itu menghilangkannya. Sebenarnya cukup bagi Anda mengucapkan yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

Adzhibil ba-sa Rabban naas, isyfi antasy Syafi, laa syifaa-a illa syifa-uk, syifaa-un laa yughadiru saqaman

“Hilangkanlah penyakit ini wahai Rabb sekalian manusia. Sembuhkanlah, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan selain kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak menyisakan lagi rasa sakit..”
(HR. Abu Dawud, no.3883 dan Ibnu Majah, no.3530)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *