Qiyas yang Rusak (Masail Jahiliyah, Eps. 12) – Ustadz Afifi Abdul Wadud

Dalam agama ini ada qiyas yang shahih dan ada qiyas yang batil. Mari kita telaah definisi qiyas secara bahasa. Qiyas adalah membandingkan suatu hukum. Sedangkan ijma adalah kesepakatan (biasanya para ulama). Istihsan adalah menganggap baik sesuatu. Sedangkan istishab adalah segala ketetapan yang telah ditetapkan pada masa yang lampau … dan seterusnya sampai akhir definisi.

Qiyas yang rusak ialah tema yang diangkat dalam video ini. Lalu apa saja rukun qiyas; apa saja macam macam qiyas; dan pertanyaan tentang qiyas yang sering ditanyakan; mengenal fungsi qiyas, dan yang terkait dengannya. Contoh qiyas adalah qiyas batil yang disebutkan Iblis saat menolak untuk bersujud kepada Adam.

Memperhatikan contoh qiyas dalam ushul fiqh dasar dan menetapkan hukum qiyas yang haq. Contoh qiyas dan ijma yang bergandengan disebutkan di sini. Dalil qiyas yang dipakai oleh kaum musyrikin ialah mereka mengangkat perantara dalam beribadah kepada Allah.

Banyak qiyas yang rusak berasal dari qiyas yang batil. Dari paparan di atasm kita mampu mendefinisikan pengertian ulama yang tersebut dalam hadits tentang ulama. Dan dari hadits tentang hidayah Allah mengajarkan kita bahwa hidayah di tangan Allah semata, manusia hanya menyampaikan, adapun hasilnya diserahkan kepada Allah Ta’ala.

Disampaikanpula kisah hadits menghina orang lain gara gara qiyas batil ini, dan para penghina ulama termasuk korban qiyas batil tersebut. Coba perhatikan hadits ulama pewaris para Nabi atau ayat AlQuran tentang Ulama. Dan hadits tentang ulama akhir zaman yang sebagian mereka menafsirkan sesuatu yang keliru, muaranya yaitu qiyas yang fasid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *