Pengertian Fitnah dan Contoh Bahayanya (Kitab Al Kabair Eps 1) – Ustadz Amrullah Akadhinta

Pengertian Fitnah dan Contoh Bahayanya (Kitab Al Kabair Eps 1) – Ustadz Amrullah Akadhinta

Alhamdulillah, kali ini kita akan belajar kitab Al Kabair. Sebuah kitab yang penuh faidah membahas macam macam dosa besar yang sering dianggap remeh oleh manusia. Bab yang akan kita kaji pada pertemuan ini yaitu bab seputar fitnah. Apa itu fitnah? Sobat Yufid ada yang tahu pengertian fitnah?

Sebagian kita mungkin menafsirkan arti fitnah sebagai menuduh dengan kedustaan. Sehingga fitnah artinya menuduh orang lain dengan sesuatu yang tidak sesuai kenyataan. Padahal fitnah adalah kata dari bahasa arab yang artinya ujian dari Allah subhanahu wata’alaa. Kita dapat menjumpai banyak dalil fitnah misalnya hadits tentang fitnah dan ayat ayat tentang fitnah. Surat Al Baqarah 191 dan Al Ankabut ayat 2 merupakan contoh ayat yang menjelaskan tentang fitnah.

Di dalam Al Baqarah 191 dinyatakan bahwa “fitnah lebih kejam dari pembunuhan” apa artinya? Arti fitnah dalam ayat tersebut adalah perbuatan kesyirikan. Dan kesyirikan merupakan contoh fitnah paling mengerikan sebab syirik adalah contoh dosa besar yang paling besar.

Lantas bagaimana cara menghadapi ujian dari Allah? Bagaimana agar selamat dari bahaya fitnah?
Solusinya adalah istiqomah dijalan Allah, memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk ketaatan kepadaNya, dan tidak menjual agama untuk mendapatkan dunia. Simak hadits fitnah (hadits tentang fitnah) berikut ini.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

بَادِرُوا بِالأَعْمَالِ فِتَنًا كَقِطَعِ اللَّيْلِ الْمُظْلِمِ يُصْبِحُ الرَّجُلُ مُؤْمِنًا وَيُمْسِى كَافِرًا أَوْ يُمْسِى مُؤْمِنًا وَيُصْبِحُ كَافِرًا يَبِيعُ دِينَهُ بِعَرَضٍ مِنَ الدُّنْيَا

“Bersegeralah melakukan amalan sholih sebelum datang fitnah (musibah) seperti potongan malam yang gelap. Yaitu seseorang pada waktu pagi dalam keadaan beriman dan di sore hari dalam keadaan kafir. Ada pula yang sore hari dalam keadaan beriman dan di pagi hari dalam keadaan kafir. Ia menjual agamanya karena sedikit dari keuntungan dunia.”
(HR. Muslim, no. 118)

wallahu a’lam..

Semoga Allah menganugerahkan kepada kita ilmu yang bermanfaat, keistiqomahan dalam beramal sholeh. aamiin..

Simak juga video-video bermanfaat lainnya dari channel yufid edu dan jangan lupa SUBSCRIBE agar memperoleh update video kajian Kitab Al Kabair yang membahas dosa dosa besar, dosa dosa yang dianggap biasa oleh manusia. SHARE kepada keluarga, kerabat, saudara, dan kawan Anda agar makin banyak yang tahu tentang Islam. Jazaakumullahu khairan

#haditsfitnah #KitabAlKabair #ustadzAmrullahAkadhinta

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_center?add_user=yufidedu
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.EDU LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/yufidedu/
Yufid.EDU Official Website: https://yufidedu.com
*
YUK, DUKUNG Yufid.EDU!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086.88.22.42
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode Bank: 451

Paypal : [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *