Monopoli Golongan yang Selamat ( Masail Jahiliyah. Eps. 32 ) – Ustadz Afifi Abdul Wadud

Salah satu penyakit yang merusak agama seseorang atau kelompok adalah merasa paling suci, merasa paling beriman, merasa paling berilmu, merasa hanya dialah jalan golongan yang selamat, dan merasa paling benar tak pernah salah. Menganggap kelompoknya paling benar, menganggap kelompok lain pasti sesat, seolah pemegang kunci surga adalah dari kelompokknya. Dan pengakuan pengakuan tersebut diperparah karena hanya klaim semata tanpa ada bukti. Padahal Allah-lah yang paling mengetahui siapa yang paling bertakwa kepada-Nya dengan menjalankan segala perintah-perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-larangan-Nya ( lihat tafsir surah an najm 32 ).

Jalan golongan yang selamat adalah jalannya orang orang yang mengikuti sunnah nabi sesuai dengan pemahaman salaful ummah ( ittiba ). Syarat diterima ibadah adalah ikhlas ( dengan tauhid kepada Allah ) dan ittiba mengikuti sunnah nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Sehingga setiap muslim wajib bertauhid dan mencocokkan amal ibadah nya dengan apa yang nabi shallallahu ‘alaihi wasallam ajarkan agar ibadah diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Semoga Allah menganugerahkan kepada kita ilmu yang bermanfaat, keistiqomahan dalam beramal sholeh. aamiin..

Simak juga video-video bermanfaat lainnya dari channel yufid edu dan jangan lupa SUBSCRIBE agar memperoleh update video Kajian Masail Jahiliyyah yang membahas Kitab Masail Jahiliyah. SHARE kepada keluarga, kerabat, saudara, dan kawan Anda agar makin banyak yang tahu tentang Islam. Jazaakumullahu khairan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *