Mengenal Asmaul Husna (Taqrib At-Tadmuriyah), Eps.03 – Ustadz Dr. Firanda Andirja, M.A.

Nama Allah yang husna telah kita bahas sebagiannya dalam pertemuan sebelumnya (sesi 1 dan 2). Nama Allah dan artinya membuahkan keimanan yang mengantarkan kepada mengenal nama Allah yang sesungguhnya. Demikian halnya dengan sifat Allah. Sifat Allah dan artinya yang layak bagi Allah tentunya jauh dari tamtsil, ta’thil, tahrif, dan takyif. Sejauh ini, pemateri sedikit menyisipkan kaidah nama nama dan sifat sifat Allah yang beliau sarikan dari kitab Al Qawaidul Mutsla karya Imam Ibnu Utsaimin rahimahullah.

Mengenal Asmaul Husna bersama Ustadz Firanda Andirja semakin dalam pembahasannya, agar pembahasan Anda nyambung (conected) dalam bab asmaul husna ini (masuk padanya asmaul husna artinya apa), maka selayaknya Anda membahas dua kajian sebelumnya yang dikaitkan dengan pembagian tauhid yang tiga, guna melengkapi penjelasan asmaul husna yang telah lewat. Tauhid adalah pokok bab yang asasi dalam membahas nama dan sifat Allah. Telah dijelaskan bahwa tauhid rububiyah adalah mengesakan Allah dalam hal mengatur, memberi rezeki, dan menciptakan alam semesta. Sedangkan syirik adalah lawan dari tauhid. Syirik artinya menyekutukan Allah dalam hal yang khusus bagi-Nya.

Sedangkan aqidah adalah pondasi keyakinan seseorang. Seorang yang beraqidah lurus, maka akan selamat lisannya saat membahas sifat sifat Allah, sifat sifat Allah dan artinya, sifat sifat Allah SWT (Subhanahu wa Ta’ala), mengenal istilah tasybih dalam AlQuran, mampu membedakan istilah tasybih dan tanzih. Dan satu poin penting yakni mengimani sifat-sifat Allah sebagaimana datangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *