Kitab Ushulus Sunnah Imam Ahmad, Eps. 01 – Ustadz Dr. Sufyan Baswedan

Ushulus Sunnah merupakan karya dari Imam besar Ahlussunnah yakni Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah. Sudah menjadi hal yang dikenal sejak zaman dahulu terkait pengadaan kitab-kitab yang memuat i’tiqad atau aqidah. Aqidah adalah keyakinan yang dipegang oleh seseorang, baik itu lurus maupun menyimpang. Sedangkan pengertian aqidah secara istilah maka maknanya kembali kepada apa yang digariskan oleh para ulama yaitu kandungan rukun iman yang enam.

Contoh aqidah yang disebutkan di sini ialah aqidah yang menjadi ciri khas Ahlussunnah di atas kebenaran dan ciri khas yang membedakannya dengan ahlul bid’ah. Dibahas pula maslahah mursalah yang disalah artikan dalam penempatannya. Dalam bahasan ini dibahas debat dalam Islam dan larangan akan tercelanya debat kusir dalam Islam. Sungguh, Imam Malik pernah mengingkari seseorang yang mengajak debat kepadanya. So, keberuntungan itu didapat dengan menjauhi debat, jauhilah debat sekarang juga.

Telah berlalu debat atheis vs Islam sebagaimana yang masyhur dalam kisah Abu Hanifah bersama seorang yang tidak mengakui adanya Allah. Disinggung pula di sini makna hadits tentang zhalim berikut macam macam zhalim. Saat Anda melihat proses penciptaan manusia yang biasanya Anda lihat dalam kitab Arbain An Nawawi, tentu Anda akan takjub dengan proses tersebut.

Banyak yang menyangka bahwa Ushul Sunnah sama halnya dengan Syarhus Sunnah. Jelas berbeda dari penyusunnya, akan tetapi isinya sama, seolah keluar dari mulut yang satu. Oleh karena itu, inilah nikmat yang agung; bersyukur kepada Allah atas hal ini niscaya patut untuk dilakukan. Sedikit banyak Anda akan dikenalkan dengan nama-nama Allah seperti Al Hakim, dan selainnya. Al Hakim artinya Maha Bijaksana.

Ustadz Sufyan Baswedan hafizahullah menjelaskan pengertian khulafaur Rasyidin dan makna sunnah yang benar di sisi ulama. Sunnah adalah keyakinan, ucapan, perbuatan, dan istiqrarnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Hal ini tampak pada hadits tentang mengikuti sunnah dan seorang yang berakal memahami dengan seksama contoh sunah Rasul dan contoh bidah yang diduga sunnah. Ikutilah sunnah sahabat Nabi dengan mengamalkan hadits berpegang teguh pada AlQuran dan sunnah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *