Kitab Ushulus Sittah, Eps. 01 (Mukadimah) – Ustadz Abu Isa

Hadits tentang menuntut ilmu menyebutkan bahwa salah satu keutamaan menuntut ilmu ialah mengantarkan seseorang menuju Jannah. Dalam hal ini, dalil tentang ikhlas menunjukkan demikian. Ikhlas adalah memurnikan ketaatan untuk Allah. Makna ikhlas dalam hidup manusia akan tampak dengan meniti jalan sunnah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ikhlas dalam beribadah dan ikhlas beramal, kesemuanya harus dilandasi ikhlas karena Allah.

Menapak tilas pengertian tauhid membuahkan pentingnya tauhid untuk segera didakwahkan. Mengenal macam macam tauhid pun termasuk salah satu cara dalam menguatkan tauhid seseorang. Selain mengenal tauhid, seorang diharuskan untuk mengenal lawannya yakni kesyirikan. Syirik adalah menjadikan tandingan bagi Allah pada hak-hak yang khusus diberikan kepada Allah semata. Bahaya syirik sudah mencapai darurat siaga, betapa banyak telah menelan korban jiwa, jiwa mereka telah bergantung kepada selain Allah …

Ustadz Abu Isa hafizahullah mengingatkan kembali akan tujuan menuntut ilmu berikut keutamaan mencari ilmu bagi ahlinya. Amal tanpa ilmu tidak berguna dan sebaliknya. Hanya berilmu sebelum beramal itu yang utama. Sekali lagi, keutamaan menuntut ilmu dalam hukum menuntut ilmu / hukum menuntut ilmu agama telah dijelaskan di dalam video yang ringkas ini. Tak lupa pencantuman hadits menuntut ilmu beserta latinnya. Semoga bermanfaat kajian perdana Ushulus Sittah karya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *