Kajian Kitab: Al-Mukhtashor fi Al-Aqidah 29 (Sifat yang Tetap bagi Allah) – Ustadz Aris Munandar

Sifat wajib bagi Allah telah kita kemukakan dalam episode sebelumnya dan kali ini melanjutkan dari apa-apa yang telah kami jelaskan. Lawan sifat wajib bagi Allah adalah mustahil, maka ini tidak layak disematkan kepada Allah. Allah Ta’ala mempunyai nama dan sifat yang sesuai dengan kelayakan Allah (nama dan sifat yang sempurna).

Mengupas satu demi satu asmaul husna beserta artinya membutuhkan kajian yang panjang. Dalam hal ini, kita mengenal ayat AlQuran tentang keberadaan Allah dan arti Allah bersemayam di atas Arsy. Arasy Allah (baca: Arsy) ada di atas air sebagaimana hadits yang masyhur.

Lalu dimana Allah sebenarnya? atau pertanyaan senada: Dimana Allah sebelum ada arsy? Ketahuilah bahwa Allah tidak bertempat. Wajah Allah asli tidak bisa dilihat, apalagi melihat Allah di dunia sangat tidak mungkin, kecuali melalui mimpi (berdasarkan riwayat yang mendukung tentangnya).

Anda tengah menyimak bahasan mengenai sifat uluw dan istiwa; nama nama Allah 99; mengenal sifat Allah baik itu sifat dzatiyah maupun sifat tsubutiyah serta sifat yang manfiyah. Mengetahui tauhid afal (atau lebih familiar dengan tauhid asma wa sifat), Dan pemateri Ustadz Aris Munandar hafizahullah memaparkan hikmah beriman kepada Allah, iman kepada Allah membuahkan keyakinan dan tidak akan menanyakan lagi: siapa Allah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *