Ilmu Fiqih Islam LENGKAP: Tata Cara Wudhu – Cara Mengusap Khuf yang Benar (Matan Abu Syuja Seri 05) – Ustadz Ammi Nur Baits

Tata Cara Wudhu: Cara Mengusap Khuf yang Benar (Matan Abu Syuja Seri 5) – Ustadz Ammi Nur Baits

Wudhu adalah menggunakan air yang suci dan menyucikan dengan cara yang khusus pada empat anggota badan yaitu wajah, kedua tangan, kepala, dan kedua kaki. Di antara dalil wudhu adalah surat al-Maidah ayat 6.

Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam- sangat perhatian terhadap masalah kebersihan dan kesucian, termasuk di antaranya perhatian beliau -shallallahu ‘alaihi wa sallam- terhadap wudhu yang sempurna. Terdapat banyak dalil yang menunjukkan keutamaan wudhu yang sempurna.

Oleh karena itu, kita perlu memahami tata cara wudhu yang benar (tata cara wudu yang benar) agar urutan wudhu yang kita lakukan sesuai sunnah. Hal ini bisa kita wujudkan dengan mempelajari Fiqih wudhu seputar niat wudhu, rukun wudhu, dan syarat sah wudhu.

Bahkan, kita juga perlu mempelajari ilmu Fiqih Islam mengenai sunnah wudhu dan bacaan wudhu baik doa sebelum wudhu maupun doa setelah wudhu agar kita semakin sempurna dalam melakukan tata cara berwudhu yang benar.

Sungguh, begitu banyak manfaat yang akan kita dapatkan setelah belajar Fiqih tentang Fiqh Islam. Di samping itu, Islam selalu mendatangkan kemudahan.

Termasuk kemudahan yang diberikan oleh Islam adalah keringanan saat bersuci. Ketika seseorang mesti menggunakan khuf (sejenis sepatu) dan sulit ia copot karena berada dalam perjalanan misalnya, maka Islam mengajarkan pada kondisi demikian sepatu tersebut tidak perlu dilepas.

Sepatu tersebut hanya perlu diusap asalkan sebelumnya dikenakan dalam keadaan suci. Lantas, bagaimana cara mengusap khuf yang benar?

Yuk, simak selengkapnya dalam video berikut ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *