Ilmu Fiqih Islam LENGKAP: Tata Cara Tayamum – Sunnah Tayamum dan Kewajibannya (Matan Abu Syuja Seri 06) – Ustadz Ammi Nur Baits

Pengertian tayamum adalah sebuah peribadatan kepada Allah berupa mengusap wajah dan kedua tangan menggunakan sho’id yang bersih. Sho’id adalah seluruh permukaan bumi yang dapat digunakan untuk bertayamum baik yang terdapat tanah di atasnya maupun tidak.

Dalam Ilmu Fiqih Islam dijelaskan bahwa tayamum hukumnya masyru’ (disyariatkan) berdasarkan al-Qur’an, as-Sunnah, dan Ijma’. Kita boleh melakukan cara wudhu tayamum saat safar atau mukim.

Ada dua sebab utama yang membolehkan kita melakukan tata cara tayammum yaitu karena tidak mendapati air dan khawatir menggunakan air. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui tata cara tayamum yang benar.

Hal ini bertujuan agar kita bisa melakukan tayamum sesuai sunnah. Di antara pembahasan penting yang dapat kita pelajari adalah niat tayamum, rukun tayamum, dan doa tayamum.

Jika kita sudah belajar Fiqih tayamum dan paham masalah niat wudhu tayamum (niat tayammum), rukun tayammum, serta bacaan tayamum baik doa sebelum dan doa setelah tayamum, insyaallah kita akan mudah dalam melakukan tayamum yang benar sesuai sunnah.

Tak kalah penting dari itu, Fiqh Islam mengenai cara tayamum orang sakit dan cara tayamum di pesawat juga bagus untuk kita pelajari lebih dalam. Bisa melalui artikel tayamum atau gambar tayamum.

Yuk, simak selengkapnya dalam video berikut ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *