Hushulul Ma’muul fi Syarhi Tsalatsatil Ushul, Eps. 13 – Ustadz Aris Munandar

Ihsan disebutkan dalam hadits Jibril yang panjang … inilah dalil tentang ihsan yang paling sering dijadikan rujukan. Perbedaan iman islam dan ihsan, coba dipaparkan pemateri satu persatu (apabila disebut secara sendirian apa maknanya dan apabila disebut secara bersamaan, maka bagaimana maknanya?) Manfaat ihsan akan tampak dalam ibadah seseorang, seperti khusyu dan tumakninah dalam shalat.

Tingkatan ihsan yang paling tinggi ialah seseorang beribadah kepada Allah seolah-olah melihat-Nya. Seusai membahas bab ihsan, beralih kepada ibrah dari kisah Nabi Luth singkat … apa yang dapat kita simpulkan dari kisah beliau bersama istri dan kaumnya? Apa yang Anda tahu seputar mukjizat Nabi Luth? Dalam hal ini sedikit berkaca dari kisah istri para Nabi; di mana di antara mereka ada yang beriman dan ada yang kufur terhadap risalah yang dibawa suaminya. Hal ini menunjukkan akan mahalnya sebuah hidayah dan kedekatan seseorang pada orang shalih sama sekali tidak memberikan manfaat kepadanya.

Allah firmankan, “Innaddina indallahil Islam” Sesungguhnya agama yang diridhai Allah adalah Islam. Keutamaan ISLAM dan manfaat-manfaat yang diperoleh seorang hamba apabila masuk ke dalam Islam pun dkupas lebih detail dalam video ini. Beralih kepada tema selanjutnya yaitu tentang tanda tanda kiamat kubra yakni terbitnya matahari dari barat. Berikut tanda tanda kiamat kecil berupa banyaknya pembunuhan, kekacauan, dan fitnah-fitnah baik yang nampak maupun tersembunyi.

Masih dalam hadits Jibril, disebutkan dalam asyratus Sa’ah bahwa ciri ciri hari Kiamat adanya wanita wanita yang berpakaian tapi telanjang. Hal ini menghikayatkan kepada kita untuk lebih mengilmui seputar berpakaian sesuai syariat ISLAM dan mengetahui cara berpakaian muslimah sesuai syariat Islam.

Mengenal Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya kita kulik lebih lanjut dalam kitab Sirah Nabawiyah dan pentingnya mempelajari sirah ini sangat urgen dalam rangkai membingkai ketaqwaan seseorang saat meneladani Rasulullah dalam kesehariannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *