Doa Ketika Diberi Hadiah (Serial Doa) – Kak Erlan Bersama Dik Adam

Jazakallah ya abi ya umi … Jazakallah khairan ya ami ya ammah … jazakallahu khairan adalah ungkapan yang biasa kita sampaikan saat berterima kasih. Jazakallah khairan artinya semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan.

Dan kali ini kak Erlan membahas doa ketika diberi hadiah. Kalimat ini biasa disebutpula sebagai ucapan terima kasih dalam bahasa Arab. Ucapan terima kasih atas pemberian berupa saling mendoakan dalam kebaikan. Doa berterima kasih yang populer di kalangan orang yang mengenal agama..

Adapun ucapan untuk wanita, Jazakillah, hanya mengganti harakatnya. Dan bisa dijawab dengan wa iyyakum atau wa iyaki (wa iyyaki) secara khusus. Waiyyaki artinya semoga balasan kebaikan atasmu pula. Dalam video ini secara umum, kak Erlan menyampaikan hadits tentang memberi hadiah dan wa bil khusus, doa saat berterima kasih.

Siapakah yang wajib kita teladani (uswatun hasanah)? Uswatun hasanah artinya teladan yang baik, sebab ia ber akhlak mulia, bahkan disebutkan bahwa Akhlak Rasulullah adalah Al-Quran. memang kehadiran akhlak mulia lebih mulia dari ilmu.

Mari kita bersama menjadi suri teladan yang baik (suri tauladan adalah bentuk sinonim dari uswah hasanah). Adapun pengertian hadiah sudah ma’ruf kita kenali. Dan salah satu hikmah hadiah ialah saling mempererat hubungan tali asih sesama manusia. Semoga doa harian (doa lengkap dan doa doa pilihan) ini dapat kita praktekkan dengan segera.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *