Amalan Ketika Hujan – Kak Erlan feat Adam

Hadits tentang hujan yang kita baca dalam bab hujan dalam Islam membuahkan faedah bahwa ada ibrah di setiap kejadian yang Allah tetapkan. Doa setelah hujan ataupun doa ketika ada petir adalah amalan mulia. Sekali lagi, doa ini hendaknya tidak jemu kita panjatkan. Bagaimana jika kita diuji dengan sebaliknya? Berupa sulit hujan. Maka tangan kita akan sering tengadah dengan doa minta turun hujan atau doa agar hujan.

Doa ketika hujan (doa hujan) adalah bentuk kesyukuran kita atas nikmat yang Allah berikan berupa hujan yang deras maupun sedang. Manfaat hujan yang maklum kita ketahui ialah menumbuhkan tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan serta sayur-sayuran. Akibat hujan atau akibat sering hujan, tidak bisa dikaitkan dengan banjir. Sebab yang menurunkan hujan dan mengalirkan banjir adalah Allah Ta’ala. Ini adalah permasalahan akidah. Sebab-akibat ditentukan oleh syariat, sedang manusia hanya menempuhnya dengan bedoa dan berikhtiar. Tidakkah Anda ingat firman-Nya: (artinya) “Telah terjadi kerusakan di darat dan di laut dengan sebab ulah tangan manusia.”

Macam macam amal shaleh dan dalil tentang amal shaleh menjadikan kita semakin giat dalam beramal. Doa ketika turun hujan serta doa hujan lebat dan angin kencang termaktub dalam kumpulan doa anak sehari hari. Sebuah doa yang semestinya kita ajarkan kepada anak-anak kita, agar mengulang-ulangnya dan mengamalkannya. Hujan hari ini tidak sama dengan hujan kemarin, selalu ada tetes-tetes bahagia, saat hujan mengalir lentik turun ke bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *