Al-Qawa’idul Arba’, Eps 11 (Keyakinan Musyrikin) – Ustadz Abu Isa

Pembagian tauhid yang ma’ruf dalam kitab-kitab ulama salaf ialah ada tiga macam: tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah, dan tauhid asma wa shifat. Allah Maha Pencipta disebut Khaliq. Allah Maha Pengatur disebut Mudabbir, dan Allah Maha Pemberi rezeki disebut Ar-Rozzaq.

Mari mengenali keutamaan tauhid dalam kajian yang ringkas ini, sebuah sajian yang kami sarikan dari Syarah Qawaidul Arba’. Di mana di dalamnya, Anda akan terkagum dengan keMAHAKuasa an Allah, seperti: Allah Maha Kaya, Allah Maha Menghidupkan dan Mematikan. Juga, paparan dalil Al Khaliq yang selayaknya diketahui oleh pemirsa Yufid Edu.

Hadits tentang rezeki Allah menyebutkan bahwasanya rezeki Allah Maha luas diberikan kepada hamba-hamba yang dikehendaki-Nya. Hidup sudah diatur Allah SWT (baca: Subhanahu wa Ta’ala), jadi nggak usah ngoyo (alias memforsir, sebab segala sesuatu mempunyai hak untuk ditunaikan). Sekali lagi, rezeki adalah ketentuan Allah.

Ustadz Abu Isa mulai membacakan kaidah yang pertama yang bertema Keyakinan Musyrikin yang Tidak Memasukkan Mereka ke Dalam Islam. Itulah mengapa para Nabi dan Rasul begitu gencarnya menyerukan dakwah tauhid dan sunnah. Sebab tauhid inti ajaran Islam. Jika tanpa tauhid, maka bagaimana bisa disebut muslim muwahhid?

Simakpula ayat dan hadits tentang tauhid; cara menghindari perbuatan syirik; apa yang dimaksud dengan tauhid; mengenal macam macam tauhid; lebih konsen dengan problem syirik uluhiyah sebagai inti bahasan aqoid, yang semuanya bertujuan untuk tegaknya tauhidullah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *