Tidak Taat Kepada Pemerintah (Masail Jahiliyah, Eps. 04) – Ustadz Afifi Abdul Wadud

Anda tentu tidak heran dengan ayat yang berbunyi (artinya) “Taatlah kepada Allah, kepada Rasulullah, dan ulil amri di antara kalian.” Meski sedemikian gamblangnya, masih saja ada yang bertanya, Apa itu ulil amri? Ulil amri adalah sebutan bagi para penguasa kaum muslimin (apakah namanya Presiden atau Khalifah) dan sebutan lain dari para ulama. Jadi maknanya ada dua: pemimpin or ulama.

Video ini menjabarkan pengertian taat dalam Islam. Dan bagaimana ketaatan begitu rendah dalam sejarah zaman jahiliyah. Contoh zaman jahiliyah yang berlaku tentang ketaatan adalah mereka menganggap sikap taat sebagai bentuk kebanci-bancian?!? Oleh karena itu mereka biasa tidak taat kepada pemerintah. Inilah mauqif mereka secara umum.

Mencermati hadits tentang pemimpin dan kata bijak untuk pemimpin; di dalamnya disebutkan bahwa ketaatan seseorang bermakna kebahagiaan. Sungguh, negeri dengan seorang pemimpin, lebih baik daripada yang tidak ada pemimpinnya. Hingga disebutkan dalam atsar salaf, “Bahwa satu hari dengan pemimpin zhalim, masih lebih baik daripada seorang bermalam tanpa pemimpin.”

Apakah Anda ingin tahu tentang contoh pemimpin zalim? Dahulu banyak didapati pemimpin zalim, namun para pemuka agama, menganjurkan untuk tidak memberontak kepadanya; lihatlah Imam Al-Hasan Al-Bashri, Imam Ahmad bin Hanbal dan selain dari mereka. Mari kita bawa pemimpin zalim kepada pengertian umara. Apakah ia sesuai kriteria, hingga kita wajib taat terhadap kepemimpinannya? Hukum taat kepada ulil amri adalah wajib, selama memerintahkan hal yang mubah, sedangkan perintah kepada kemaksiatan, maka tidak perlu ditaati, “Tidak ada ketaatan untuk bermaksiat kepada Al-Khaliq.”

Memberontak dalam Islam diharamkan dalam sejumlah hadits dan anjuran untuk taat kepada pemimpin. Mari kita masuk kepada pengertian saling menasehati dalam Islam, di mana di dalamnya dibahas terkait taat kepada Allah (pengertian taat kepada Allah), contoh taat kepada Rasul, dan nasehat untuk pemimpin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *