Syirik dalam Berdoa (Masail Jahiliyah, Eps. 02) – Ustadz Afifi Abdul Wadud

Syirik adalah dosa besar yang paling besar. Contoh perbuatan syirik yang banyak terjadi diuraikan dalam Masail pertama ini. Tahukah Anda ,,, ada berapakah macam macam syirik itu? Syirik ada dua syirik akbar dan syirik asghar. Syirik berdoa salah satu contohnya.

Bahaya syirik itu laten! Mengapa bisa demikian? Menelaah kembali pengertian syirik dan contohnya, ada banyak pelajaran yang dapat kita ambil. Menyoal tawasul yang bermula dari meminta syafaat dan berujung kepada meminta kepada orang yang telah wafat dengan kondisinya yang tidak mampu untuk mengabulkan permintaan.

Apa itu tawasul? Tawasul adalah mengambil perantara untuk sampainya hajat kita. Contoh tawasul dalam bab ini ialah seorang yang masih hidup menjadikan orang yang telah wafat sebagai wasilah dalam berdoa kepada Allah. Dan tawasul seperti ini menyelisihi pengertian tauhid rububiyah.

Contoh syirik dalam syirik besar banyak dipaparkan oleh pemateri untuk memantapkan pemahaman. Demikianpula, cara menghindari perbuatan syirik dalam contoh syirik besar. Syirik adalah dosa yang paling besar, menempati urutan pertama.

Dan tidak setiap tawasul itu bermakna syirik, oleh karena itu, memahami pengertian tawassul dengan benar, akan mengantarkan kepada pemahaman yang diinginkan syariat. Tawasul artinya menjadikan seseorang sebagai perantara, dan dalam bab ini terdapat rincian (bagaimana jika yang diminta dalam bab yang ia mampui dan ia sendiri hadir (hidup / tidak mati)?.

Contoh tauhid rububiyah dalam pertanyaan tentang tauhid, biasanya berasal dari hasil telaah seseorang terhadap hadits tentang dosa besar dan korelasi terhadap dosa besar yang tidak diampuni yakni syirik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *