Sombong Menolak Kebenaran (Masail Jahiliyah, Eps. 23) – Ustadz Afifi Abdul Wadud

Diantara penghalang hidayah dan termasuk sikap jahiliyah adalah sombong menolak kebenaran, merasa hebat dari orang lain (sehingga menolak kebenaran), merasa tidak butuh agama, dan perbuatan melampaui batas yang lain. Dalam surah al alaq ayat 6, Allah berfirman yang artinya “Ketahuilah! Sesungguhnya manusia benar-benar melampaui batas”.

Dunia adalah ujian, dunia bukan tujuan, maka selayaknya kita memanfaatkan dunia untuk kepentingan Akhirat sehingga tidak terjerumus dalam perilaku kufur terhadap nikmat Allah. Diantara contoh bentuk kufur tergambar dalam kisah dialog Abu Sufyan dan Heraklius yang insyaAllah dibahas dalam video ini. Allah limpahkan dunia dan Allah datangkan kebenaran dihadapannya, akan tetapi heraklius berpaling dan enggan mengikuti kebenaran.

Kebenaran adalah apa yang datang dari Allah dan RasulNya, dan kebenaran bukan dari banyaknya pengikut. Hati yang siap menerima kebenaran adalah tawadhu kepada allah dan tawadhu kepada manusia. Semoga Allah mengaruniai kita hati yang selamat dan senantiasa mudah menerima kebenaran.

Simak juga video-video bermanfaat lainnya dari channel yufid edu dan jangan lupa SUBSCRIBE agar memperoleh update video Kajian Masail Jahiliyyah yang membahas Kitab Masail Jahiliyah. SHARE kepada keluarga, kerabat, saudara, dan kawan Anda agar makin banyak yang tahu tentang Islam.

Jazaakumullahu khairan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *