Mengenal Perkara Jahiliyah (Masail Jahiliyah, Eps. 01) – Ustadz Afifi Abdul Wadud

Apa yang Anda ketahui tentang jahiliyah? Zaman jahiliyah adalah zaman di mana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam belum diutus di muka bumi dan terdapat pelanggaran-pelanggaran syariat yang cukup banyak pada saat itu. Oleh karena itu, melihat pengertian agama Islam dan definisi; apa itu agama Islam, akan mengantarkan kita kepada pemahaman bahwa Islam menghapus dosa-dosa sebelumnya dan mengajak umat manusia untuk menuju peradaban yang lebih baik.

Mengenal perkara jahiliyah bukan perkara yang tidak penting. Justru sahabat senior sekelas Hudzaifah Ibnul Yaman radhiyallahu ‘anhu pernah mengatakan, “Aku belajar keburukan, bukan dalam rangka melakukannya, melainkan agar suatu kali aku TIDAK terjerembab ke dalamnya.” Dan ucapan beliau sangat populer dalam bab Fitnah Akhir Zaman. Pentingjuga, untuk mengetahui apa itu syirik? Syirik adalah menyekutukan Allah bersama selain Allah dalam hal-hal yang khusus bagi Allah. Anda bisa mengupasnya lebih dalam hadits tentang syirik.

Termasuk perkara jahiliyah adalah kefasikan. Fasik adalah seseorang yang mengilmui sesuatu tapi tidak ia kerjakan, justru ia melanggarnya. Bahasa mudahnya, orang fasik adalah orang yang keluar dari ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya. Dengan terus mempelajari perkara-perkara jahiliyah, akan menumbuhkan iman Anda dan menunjukkan bukti keberadaan Allah Ta’ala di sisi orang musyrikin. (baca: mereka mengakui adanya Allah sang Pencipta, akan tetapi mereka menyekutukannya)!!!

Buku Masail Jahiliyah karya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah mencocoki bagi mereka yang tengah mendalami Islam (belajar ISLAM untuk pemula). Dan salah satu tahapan belajar agama Islam ialah dengan mempelajari pokok-pokoknya / pondasinya seperti rukun Iman, rukun Islam, Fiqih Shalat, dan hal-hal lain yang akan menguatkan imannya dalam beragama. Bagi Anda yang ingin belajar Islam dari nol, maka buku ini sangat tepat bagi Anda. Oleh karena itu, jangan dilewatkan serial ini hingga tuntas. Insya Allah …

Disebutkan dalam hadits tentang shalat bahwa seutas demi seutas tali Islam akan lepas pada seseorang manakala ia tidak mengetahui perkara jahiliyah dan perkara awal yang bakalan terlepas ialah bab shalat. Perlujuga untuk diketahui bentuk bentuk syirik, bahaya syirik, dan contoh perbuatan syirik.

Dengan mempelajari Masail Jahiliyah, Anda akan mengetahui amalan-amalan kekafiran, mengetahui macam macam kafir (menurut hukumnya; dzimmi, muahad, musta’man, dan harbi). Dan dalam buku ini disinggung hadits tentang maksiat yang dilakukan umat sebelum Rasulullah diutus yakni berupa dosa yang paling a’zham yakni kesyirikan.

Dan perlu untuk dihimbau kembali bahwa perlunya mengetahui perkara jahiliyah dalam rangka kita terhindar darinya. Ingatkah Anda terhadap ucapan Khalifah Umar bin Khathab radhiyallahu ‘anhu yang menyatakan, “Sungguh, ikatan Islam akan lepas satu persatu, manakala seseorang tidak mengenali perkara jahiliyah.” Semoga Allah Ta’ala mengokohkan kita di atas tauhid ini dan terhindar dari melaqobi orang-orang zaman ini dengan ucapan, “Kita hidup di zaman jahiliyah modern.” Terdapat faidah yang bagus tentang sanggahan ucapan tersebut dari Syaikh Shalih Al-Fauzan (Syarah Masailul Jahiliyah).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *