Hushulul Ma’muul fi Syarhi Tsalatsatil Ushul, Eps. 02 – Ustadz Aris Munandar

Mengenal Allah adalah ilmu yang penting, padanya kita dapat mengenal sifat sifat Allah sekaligus nama namaNya yang husna. Bagaimanakah cara mengenal Allah yang sesuai sunnah? Cara mengenal Allah bisa dengan cara mempelajari ilmu tauhid. Suatu cabang ilmu yang urgen keberadaannya untuk selalu dibahas dari waktu ke waktu, selain mengenal Allah melalui ayat-ayat syar’iyah, pemirsa diajak untuk mengetahui bukti adanya Allah secara logika.

Tauhid adalah mengesakan Allah di dalam berbibadah. Pada sesi kali ini, pemateri lebih fokus pada contoh tauhid rububiyah dan menyemai hikmah di balik ujian dan cobaan dari Allah. Cobaan datang silih berganti, seorang muslim yang baik mempunyai kesabaran yang tinggi; ia sabar menghadapi cobaan yang menimpanya (atau saat menghadapi cobaan hidup yang berat). Apalagi setelah ia mendengar hadits tentang musibah sebagai penggugur dosa, maka ia lebih semangat (positif thinking) dalam menjalani hidup.

Memasuki pembahasan setelahnya, yakni iman kepada Nabi dan Rasul. Megetahui tugas para Rasul secara umum dan khusus dan mengenal jumlah Nabi dan Rasul yang diutus di muka bumi. Ushul Tsalatsah adalah pelajaran aqidah yang memuat man Rabbuka artinya, man nabiyuka artinya, dan wa ma dinuka artinya. Dan buku ini membahasnya secara runtut, dari tema ke tema dan tidak meloncat ke sana ke mari. Dari sesi ini, kita mengetahui hikmah beriman kepada Rasul Rasul Allah; baik yang kita ketahui namanya maupun tidak.

Ketahuilah wahai saudara/i ku ,,, bahwa pembahasan rukun iman dan rukun islam membuahkan tauhid yang nyata serta mengokohkan aqidah seseorang. Selain itu ia mampu bersikap hikmah dalam segala keadaan. Hikmah artinya menempatkan sesuatu pada tempatnya dan lawannya adalah zhalim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *