Aqidah Islam: Ajaran Islam dan Pokok-Pokoknya (Kitab Ushul Tsalatsah Eps. 03) – Ustadz Ari Wahyudi

Aqidah adalah keyakinan yang kuat atau Akidah adalah keimanan yang kuat? Apa pengertian Aqidah dan seperti apa ajaran Islam? Bagaimana dengan Akidah Akhlak dan Aqidah Islam?

Apa itu Aqidah? Terkait dengan pengertian aqidah (definisi aqidah) atau arti aqidah (arti akidah) secara bahasa, Aqidah adalah mempererat, mengokohkan, dan mengikat dengan kuat. Adapun secara istilah, akidah adalah keyakinan yang kuat dan tidak dimasuki oleh keraguan.

Dengan demikian, pengertian Aqidah Islam (pengertian Akidah Islam) yaitu keimanan yang kuat kepada Allah ta’ala dengan melaksanakan kewajiban berupa tauhid dan taat kepada-Nya, demikian juga beriman kepada malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, hari akhir, dan beriman kepada qadar serta mengimani semua yang sudah shahih tentang prinsip-prinsip agama (ushuluddin), perkara-perkara yang ghaib, berita yang disebutkan dalam Alquran maupun sunah baik ‘ilmiyyah (sebagai pengetahuan yang harus diyakini) maupun ‘amaliyyah (pengetahuan yang harus diamalkan).

Maka ketika kita belajar Aqidah insyaallah kita akan mengetahui tentang ruang lingkup Aqidah Islam yang di antaranya pengertian Aqidah Islam (pengertian Akidah Islam) atau makna Aqidah dalam Islam, dalil tentang Aqidah baik ayat alquran tentang aqidah, tujuan Akidah Islam, prinsip prinsip akidah Islam (prinsip prinsip Aqidah Islam), fungsi Aqidah, konsep Aqidah dalam Islam, contoh Aqidah, dan masih banyak lagi.

Ketahuilah saudaraku -semoga Allah tambahkan hidayah untukmu- bahwasanya wajib atas kita untuk mempelajari 4 perkara. Perkara-perkara ini mencakup seluruh ajaran agama Islam atau pokok pokok ajaran Islam. Oleh sebab itu, pokok pokok ajaran Islam tersebut layak untuk kita pelajari karena sangat besar manfaatnya.

Apa saja pokok pokok ajaran Islam dalam kitab Ushul Tsalatsah? Bagaimana dengan pengertian Aqidah Akhlak (Akidah Akhlak)? Sedang mencari makalah Aqidah Islam atau materi Aqidah tentang pertanyaan tentang Aqidah Ahlussunnah wal Jamaah?

Yuk, simak selengkapnya dalam video berikut ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *